Senin, 14 Maret 2011

TK Bhakti Ilahi di Perpustakaan Bacabaca

Feb 2011 | frans ari prasetyo

Kunjungan TK Bhakti Ilahi ke Perpustakaan Baca-Baca (frankazoid)

Mungkin sekarang adalah era dimana sekolah formal berafiliasi dengan sekolah informal untuk memberikan nutrisi yang berbeda tapi tetap saling melengkapi dalam meningkatkan pengetahuan dan perkembangan anak-anak. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan sekolah TK Bhakti Ilhahi yang bertempat di daerah Padasuka Bandung untuk mengunjungi perpustakaan baca-baca yang berlokasi tidak jauh dari sekolah tersebut.

Adalah inisiatif dari guru-guru TK Bhakti ilahi untuk mengajak anak-anak didiknya untuk mengenal metode pembelajaran yang berada diluar ruang kelas. setelah melakukan berbagai permainan dihalaman belakang dari perpustakaan baca-baca yang memang cukup luas, anak-anak diperkenalkan kepada sebuah perpustakaan yang tidak lain merupakan tempat koleksi buku-buku yang diperuntukan untuk umum yang bisa dibaca ditempat atau pun dibawa pulang dengan sistem peminjaman.

Anak-anak TK ini sangat antusias untuk memilih buku-buku anak seri bergambar dan komik, hal ini bisa dimaklumi walauoun mereka belum bisa membaca secara lancar tapi insting anak-anak adalah menyukai hal-hal yang berorientasi pada gambar penuh warna-warni. Mereka meminta kepada gurunya atau beberapa orang volunteer di baca-baca untuk menceritakan isi buku yang mereka pilih. Cukup repot juga tapi yang pasti metode-metode pembelajaran sambil bermain seperti ini dengan membawa anak-anak mengenal perpustakaan dan mengenal banyak buku-buku menarik sebgai stimulus positif agar anak-anak lebih banyak membaca, karena dengan membaca mereka tahhu tentang berbagai hal pengetahuan yang nantinya sangat berguna ketika dia dewasa.

Perpustakaan baca-baca sangat merespon kunjungan TK Bhakti ilahi ini dan berharap ada kunjungan dari sekolah-sekolah lain untuk memberikan alternatif bacaan lain yang berbeda dari apa yang mereka dapatkan disekolah formal tetapi dengan konteks yang relevan dan dibutuhka oleh anak-anak tersebut.


Aktivitas di Perpustakaan Baca-Baca (frankazoid)


Mari cinta perpustakaan.......mari cinta membaca.........dan ceriakan selalu !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar