Senin, 14 Maret 2011

"Sadar Bencana Sejak Dini!!"

Nov 2010 | frans ari prasetyo

Pameran beberapa karya anak-anak di garut korban bencana (by frankazoid)
IOM (international organization for migration) sebuah organisasi yang bekerjasama dengan european commission untuk program humanitarian Aid, mengadakan program "sadar bencana sejak dini". ini merupakan moment penting untuk sesialisasi ke masyarakat tentang issue ini mengingat akhir-akhir ini Indonesia dilanda benncana alam yang terus menerus.

Program ini dikemas dlam format diskusi publik yang diselenggarakan di Commonrooms dengan pembicara Dr.eng.Imam achmad sadisun ST,MT dari pusat Mitigasi bencana ITB dan Ir.gatot M Soedrajat dari pusat vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) IOM untuk jawa barat.

Acara yang dimulai sekitar pk.16.00 dibuka dengan pembukaan pameran gambar anak-anak sekolah dasar di garut selatan dengan tema "Pengalamanku dengan Bencana". Dipilihnya anak-anak dari garut selatan sebagai contoh bukan tanpa sebab, karena daerah garut pernah terkena bencana alam gempa bumi.

Dalam diskusi publik ini , menyuguhkan tentang kesadaran dan pengenalan bencana sejak awal dan bagaimana untuk siap siaga dalam usaha penanganannya dan apa saja yang bisa dilakukan oleh kita. Disini juga disebarkan dalam bentuk flyer berisi gambar-gambar kartun yang menjelaskan tentang bagaimana atau apa yang harus kita lakukan kalau terjadi gempa bumi, mulai dari sebelum terjadi gempa, saat gempa dan sesudah gempa.

Sosialisasi dengan melakukan kegiatan seperti ini sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang bencana alam dan untuk meminimalisir kerugian material dan inmaterial yang terjadi ketika bencana datang, mengingat kejadian bencana alam tidak bisa prediksi kedatangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar