Senin, 14 Maret 2011

Public Persentation by Wen Yau (Hongkong)

July 2010 | frans ari prasetyo

Persentasi Wen Yau di asbestos (by frankazoid)

Program Asbestos kali ini menawarkan sebuah rujukan persentasi dari Wen yau (peneliti dari Hongkong), awalnya ada kaitan apa antara Asbestos dan project penelitia yang dilakukan oleh Wen Yau. Ternyata berhubungan dengan seni Pertunjukan (performance art). Wen Yau sendiri merupak seniman performance dari Hongong yang sesdang melakukan research tentang mapping performance di Indonesia , hanya 3 kota yang menurutnya cukup representative mewakili data resarchnya yang hanya berlangsung selama 2 minggu, yaitu Bandung , Yogyakarta dan Jakarta.

Penunjukan Asbestos sebagai partner bukan tanpa sebab, karena Mini fadmi dan W cristiawan sebagai inisiator dari Asbestos merupakan pelaku aktif dalam seni pertunjukan di Bandung khususnya. Ini merupak program pertukaran peneliti antara Indonesi dan Hongkong melalui kerjasama antara IVAA yang berada di Jogyakarta dan AAA yang berada di Hongkong. Keduanya merupakan lembaga yang bergerak dibidang pengarsipan data mengenai segala hal yang berkaitan dengan seni-budaya.

Dalam persentasinya, Wen You banyak memaparkan bagaimana kondisi performance art di Hongkong. Beragam tema yang diusung oleh para seniman performance di Hongkong tiap tahunnya menunjukan eskalasi medan sosial-politik-cultural yang sedang mereka alami.
Contohnya ketika pengambilalihan Hongkong dari Inggris kembali ke Cina tahun 1999, terjadi pergolakan hebat yang terjadi baik di pemerintahan maupun dimasyarakat civil. Seniman performance meresponnya dengan beragam cara.

Beberapa teman seniman Wen You yang duiperlihatkan dalam slide persentasinya banyak terlibat dalam beragam aktivitas activism. Ini menandakan posisi performance art dapat dikaitkan dengan aktivitas gerakan sosial, agak berbeda dengan di bandung, hanya sedikit seniman performance yang bersama-sama para aktivis melakukan kegiatan bersama. semoga ini menjadi contoh dan pembelajaran bagi kita, bahwa dengan beragam disiplin dapat merumuskan sebuah tujuan bersama.

Diskusi dengan wen yau di asbestos (by frankazoid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar