Senin, 14 Maret 2011

ArtePolis # 3

July 2010 | frans ari prasetyo

Transmediale memberikan sambutan dalam ArtePolis 3 (by frankazoid)

ARTE POLIS seolah telah memiliki image tersendiri dimata publik Bandung. Acara yang merupakan agenda dua tahunan ini telah berlangsung untuk ketiga kalinya. Bertempat di Gedung Merdeka , Museum Konferensi Asia Afrika ini seolah menegaskan bahwa seharusnya Bandung dikenal juga sebagai kota Konferensi bertaraf International. 

Hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya Arte Polis#3. Kali ini pelaku kreatif dari berbagai negara  dikumpulkan untuk saling berbagi dan belajar dari pengalaman kreatif pada pemaknaan suatu tempat/ruang publik. Adanya komunikasi yang mutual dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman secara internasional dan lokal berkaitan isu-isu terkini, kasus-kasus best practice dan implikasi kebikjakan dan kolaborasi kreatif pada pemaknaan tempat/ruang tadi.

Terdapat banyak sesi paralel didalamnya mulai dari isu arsitektus, lingkungan, kewirausahaan, senibudaya, media dan IT sampai pengembangan kebijakan yang strategis yang kesemuanya berkaitan satu sama lainnya. Disini diutamakan 'bagaimana kolaborasi kreatif yabng dapat diwujudkan dari elemen-elemen isu diatas untuk mencapai goal yang diinginkan dan ideal bagi masyarakat sipil khususnya.

Di hari terakhir konferensi terdapat sesi dimana teman-teman yang tergabung dalam Expert Meeting termasuk saya  yang bersalngsung dalam prongram yang  berbeda , yaitu Nu Substance diundang untuk memberikan pemaparan hasil selama lima hari dari expert meeting ini . hal ini kemudian dihubungkan karena  memang kebetulan isu yang disampaikan sangat relevan dengan acara Arte Polis ini.

Hasil dari meeting kemudian digulirkan di round table Arte Polis yang kemudian terumus sebuah rujukan yang kemudian dideklarasikan ketika acara penutupan Arte Polis sebagai strategi dan rekomendasi kebijakan dibidang pemanfaatan teknologi bagi pemberdayaan masyarakat sipil dan lingkunga secara berkelanjutan. Dan juga menghasilkan sebuah flatform yang dapat mendukung terjadinya kolaborasi dan kerjasama yang mutual dengan tanpa batas diantara komunitas masyaralat sipil dengan melibatkan beragan disiplin ilmu yang berbeda.

Peserta ArtePolis 3 (by frankazoid)

Peserta ArtePolis 3 (by frankazoid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar