Minggu, 13 Maret 2011

Mengapa LSM menyebalkan ?

Jun 2010 | frans ari prasetyo

Poster
Tema diskusi yang cukup kritis dan cenderung kasar, mungkin ini sikap emosional yang terpendam untuk kemudian mencoba diletupkan dalam forum diskusi ini. Benar saja sebuah acara diskusi yang digagas oleh komunitas Rumah Info Dandelion seakan mempertemukan suatu letupan dengan letupan lainnya tanpa saling mengganggu tetap menyenangkan dan mesra.

Rumah Info Dandelion sendiri memposisikan dirinya sebagai salah satu pusat informasi gerakan-gerakan kultural berbasis akar rumput (grassroot) di Bandung khususnya dan di Indonesia umumnya. hal ini terlihat dari beberapa teman-teman yang hadir dalam diskusi ini selain mereka datang mewakili personal, tetapi karena posisi dan aktivitasnya mereka dalam masing-masing komunitas menegaskan tentang siapa mereka. Acara diskusi ini dihadiri oleh kawan-kawan mantan "pekerja" LSM, Komunitas Punk P.I, Food Not Bombs Bandung dan Balai Kota Collective, selain itu acara ini disemaraki oleh kehadiran kawan-kawan dari Kulon progo (Jawa Tengah). 

Forum Diskusi ini membahas bagaimana metode kerja dari LSM , yang akhirnya menjadi sesuatu yang "menyebalkan" ?, serta bagaimana para "funding" bergerak untuk men-supply dana bagi para-LSM. Diawali dengan cerita pengalaman kawan-kawan yang pernah bekerja di sebuah LSM lalu cerita bagaimana LSM dan lembaga sejenis serta para fundingnya mencoba masuk kewilayah Kulon Progo, dan bagaimana reaksi masyarakat setempat. Seperti yang mereka tuliskan dalam paparan deskripsinya menyebutkan bahwa " NGO adalah agen kepentingan neoliberalisme merupakan kritik tajam pada LSM-LSM yang banyak justru tenggelam dalam mainstream kepentingan imperialisme yang sadar dan tidak sadar justru meredam kemungkinan perlawanan rakyat yang saat ini mulai geram " . Intinya perubahan dalam tatanan sosial dan struktural sudah tidak mungki lagi terjadi semua telah dikendalikan oleh sebuah agenda, hanya tatanan personal yang masih mungkin memberikan warna yang berbeda, tapi itu tergantung masing-masing individunya dan goalnyapun akan beragam.

Diskusi di dandelion by frankazoid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar