Senin, 14 Maret 2011

Lembaga propaganda : Aksi Batu

Jan 2011 | frans ari prasetyo

Pembukaan pameran Aksi batu by frankazoid
Diskusi dalam aksi batu by frankazoid
"Molotov " - salah satu karya lembaga propaganda by frankazoid
Performance Aksi batu by frankazoid
"Sepakat Untuk Tidak sepakat", sebuah ungkapan yang mungkin bisa merepresentasikan sesuatu yang dilakukan untuk menyikapi beragam  dinamika yang terjadi di negeri ini. Sebuah "kesepakatan" yang terbentuk dari beragam latar belakang individu atau kelompok dengan bermacam aktivitasnya untuk mengepalkan suara "tidak sepakat" atas segala yang terjadi sekarang ini.  

hal ini merupakan respon yang sama dilakukan oleh salah satu "founding father" negeri ini. Respon dari sebuah ketidak sepakatan dalam bentuk "gugatan" atas tindakan kolonialisme yang terjadi pada waktu itu, yang kemudian dikenal dengan sebuah Pledoi "Indonesia Menggugat". Semangat yang sama coba digulirkan dalam bentuk yang berbeda tetapi dengan esensi yang sama, yaitu sebuah gugatan atas beragam hal yang terjadi dalam berbagai sektor elemen kehidupan dimasa sekarang ini.

Lembaga propaganda yang dikenal aktif dan cukup progresif dalam berbagai aksinya dengan melalui pendekatan visual dan seni performance, dalam kesempatan kali ini menggandeng beberapa individu maupun komunitas yang mempunyai "passion" yang sama untuk bersama-sama melakukan sebuah "gugatan publik " dengan caranya masing-masing. Salah satunya berkolaborasi dengan Komunitas Taman Kota yang secara progresif dengan cenderung militan terus melakukan aksi langsung untuk bersentuhan dengan publik diruang-ruang fisik kota melalui pendekatan edukatif dengan fokus pemanfaatan taman-taman kota untuk dijadikan sarana ajang edukatif kepada masyarakat kotanya itu sendiri.

Sebuah peristiwa yang sama , ditempat yang sama , walaupun dengan cara yang berbeda terus mencoba dan berharap menjadi rangsangan dan dorongan yang berkelanjutan untuk terus bergerak menyikapi secara aktif tentang dinamika yang terjadi. maka kami disini berkumpul dengan sebuah kesepakatan atas kondisi yang ada sekarang ini.

Dalam aksinya kali ini juga disuguhkan sebuah dokumentasi visual berupa foto dan video serta sebuah buku yang mengangkat issue tentang daerah Karst Citatah yang sangat dilematis dan politis, bagaimana tidak disatu sisi itu merupakan laboratorium alami tentang tambang dan batuan tapi disisi lain juga ada masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan mencari batuan untuk dijual. Disisi lainnya sebagai daerah serapan air tapi disisi lain juga ada eksploitasi pertambangan secara kapital. Inilah wajah yang ingin ditampilkan sebagai salah satu betapa penuh dinamikannya negeri ini.Disudut lain ada performance yang mengetengahkan tentang issue-issue sosial politik yang terjadi didepan mata kita sehari-hari. Sebuah kritik membangun yang secara langsung yang cukup signifikat yang dapat mengingatkan kita untuk tidak terlena dengan perubahan dan perkembangan atas dinamika yang terjadi.


Kata Pengantar untuk Pameran Poster dalam Aksi Batu yang diselenggarakan oleh Lembaga Propaganda di Gd. Indonesia Menggugat-31 jan 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar