Senin, 14 Maret 2011

Lembaga Propaganda Action in Rumah Proses

des 2010 | frans ari prasetyo

lembaga propaganda performance by frankazoid
Lembaga Propaganda , adalah sebuah inisiatif project yang berkelanjutan dari beberapa orang yang selama ini cukup konsisten dalam berkarya terutama yang berkaitan dengan issue-issue sosial-politik dengan menggunakan media seni dan ruang. Karya-karya mereka yang biasanya berada dijalan-jalan kota Bandung khususnya ditawarkan kepada publik umum. Sekarang, dengan difasilitasi oleh Rumah Proses , lembaga propaganda ingin membawa karya-karyanya keruang publik yang lebih spesifik , yaitu kalangan seniman, akademisi,  dan mahasiswa. Hal ini juga perlu dilakukan untuk mengetahui respon publik yang berbeda dan diharapkan akan ada dialog yang lebih segar.

Dalam aksinya kali ini dengan ruangan yang lebih "sempit" tapi tidak mengurangi esensi dalam proses kekaryaannya, lembaga propaganda menampilkan sebuah performance teatrikal yang sarat akan issue-issue sosial yang berkembang di masyarakat. Mulai dari issue kelangkaan dan konversi bahan bakar sampai issue media televisi yang mulai meracuni generasi muda dan anak-anak dengan tayangan dan iklan yang memperdaya mereka.

Performance yang dilakukan disebuah ruangan denganh berlatar belakang tulisan, poster, grafity dan stensil yang menyuarakan tentang semua pergulatan sosial yang dialamai mayoritas masyarakat di Indonesia seolah-olah menjadi tampilan berbungkus kritik-kritik sosial yang ingin disuarakan oleh Lembaga Propaganda. Akhirnya masyarakat yang dapat menilainya dan untuk kemudian disikapi secara bijak dan tetapi kritis terhadap perubahan dan dinamika sosial yang terjadi sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar