Senin, 14 Maret 2011

Komunitas Taman Kota diUjung Berung

Des 2010 | frans ari prasetyo

"Apa yang didapatkan maka harus diamalkan - Apa yang diperoleh maka harus dibagi ", begitulah kira-kira sebuah petuah bijak yang sering secara sengaja atau pun tidak sengaja terucap dikalangan masyarakat umum. Hal ini coba direspon oleh  beberapa orang volunteer di Komunitas Taman kota untuk berbagi "apapun" dengan komunitas lainnya.

Penyerahan Sumbangan Buku Komunitas Taman Kota kepada  TBM Bukit Indah Pesanggrahan

Komunitas Taman Bacaan di Bukit Indah Pesanggrahan yang dikelola dengan baik oleh ibu-ibu merupakan salah satu partner aktif denganh Komunitas taman kota dalam mengelola perpustakaan/taman bacaannya masing masing,walau pun berbeda lokasi. Komunikasi yang terjalin akibat kesamaan visi dalam menjalankan aktivitasnya.Bukit Indah Pesanggrahan merupakan sebuah kompleks perumahan yang kurang lebih sekitar 100 rumah terletak dikawasan bandung Timur-ujung berung dikaki gunung manglayang. Mayoritas ibu-ibu yang aktif dalam komunitas ini adalah ibu rumah tangga yang beraktifitas dirumah, sedangkan bapak-bapaknya mayoritas pegawai diperusahaan dan pegawai di instansi pemerintahan.

Sebenarnya sudah sekitar 2 tahun bantuan buku-buku tulis dan bacaan yang dijanjikan oleh pemerintah tidak pernah ada, padahal sekitar 2 tahun lalu ada beberapa petugas pemerintah dari dinas pendidikan dan sosial datang ke perpustakaannya dan menjanjikan akan diberikan sumbangan berupa buku bacaan dan buku tulis untuk perpustakaan. Awalnya nama perpustakaan disini bernama Taman Bacaan masyarakat Bukit indah Pasanggrahan, tapi karena menurut petugas dari pemerintah bilang , untuk mendapatkan bantuan harus berubah nama menjadi “yayasan” agar legalitas hukumnya jelas dan tidak merupakan milik perseorangan karena ditakutkan kalau belum berubah menjadi yayasan akan terjadi kesalahan dalam pemberian bantuan,  artinya tidak tepat sasaran dan takut disalahgunakan. Akhirnya Taman Bacaan masyarakat Bukit indah Pasanggrahan berubah menjadi yayasan, tetapi sampai sekarang bantuan dari pemerintah yang di janjikan belum terlaksana.

Yayasan ini bernama yayasan Nur Alif yang membawahi beberapa kegiatan, antara lain Kegiatan PAUD (pendidikan anak Usia Dini), kegiatan sekolah Agama Islam, Kegiatan sekolah Taman anak-anak (TK) sebelum masuk ke Sekolah dasar termasuk Taman Bacaan Bukit Indah Pesanggrahan.Maka ketika Komunitas taman kota memperoleh donasi buku-buku tulis maupun bacaan dari donatur yang berlebih, secara otomatis Komunitas taman kota akan mendistribusikannya kembali kepada komunitas/perpustakaan/taman bacaan atau ruang alternatif lainnya yang berbasis pendidikan untuk anak-anak.
Komunitas Taman kota dengan pengurus TBM di Bukit Indah Pesanggrahan-Ujung Berung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar