Rabu, 09 Maret 2011

HOMICIDE disscus

jan 2010 | frans ari prasetyo 


Apalagi yang mau dibahas tentang band yang satu ini. Yeah, memang HOMICIDE akan terus menjadi pembicaraan dikalangan subculture khususnya diBandung. Homicide yang tahun 2009 dinyatakan bubar oleh salah satu frontman-nya Ucok aka Morgue Vanguard aka Herry Sutresna dicoba diulas setelah dari sejak pendiriannya band ini termasuk yang jarang diketahui seluk-beluknya secara mendalam, mungkin hanya dikalalangan teman-teman dekatnya saja. Kali ini di Common Room  dengan mendatangkan sang-frontman Ucok juga hadir Gaya (add backvocal Homicide), andre (add Guitar Homicide),  Reggi (teman dekat) yang dipandu Kimung (ex Burgerkill&Scymbag writer) mencoba membedah secara lebih personal dan mendalam tentang semua aspek yang melekat pada HOMICIDE.

Homicide yang terbentuk sekitar pertengahan 90an, menjadi salah satu tonggak bangkitnya musik-musik yang termarjinalkan, diawali oleh Aszi, Leppe dan Ucok sendiri, Homicide terbentuk dengan mengusung Hip-Hop sebagai pelampiasan passion-nya  dibidang musik, walaupun menurut saya Homicide adalah Hip-Hop yang lebih Punk dari punk itu sendiri dan Punk yang lebih hip-hop  dari hip hop itu sendiri. Seiring waktu banyak terjadi perubahan yang signifikat dari Homicide mulai dari ditinggalkan personelnya satu demi satu, sehingga Ucok berupaya survive sendiri yang mengakibatkan miskinnya produktivitas dari band ini, baik dari album maupun performance nya itu sendiri.

Sekitar 2003an , Homicide mulai merangkak kembali dengan kian produktif untuk serius menggarap Full Album dan coba "manggung" kembali walaupun dikalangan komunitas saja. Akhirnya 2006 keluarlah HOMICIDE CD : The Necrophone Dayz dari Subciety Records  dan kembali menuntaskan hutang nya dengan mengeluarkan CD : ILSHURECSUN tahun 2008 dan tak lupa Vinyl 12" ber-slipt dgn MC HomeLess  dari Prancis, seolah tugasnya telah tuntas maka Ucok membubarkan HOMICIDE ditahun 2009.

Membicarakan HOMICIDE memang banyak aspek yang harus dibahas, terdapat wilayah musikalitas, visual design, komunitas, politik tentunya, life style sampai wilayah pribadi sendiri dari Ucok yang semuanya tertumpah ruah dalam albumnya dan merchandisenya. Belum lagi wilayah sosial politik dan agama yang sering dikaitkan dengan HOMICIDE terutama karena lyrik-lyriknya dan aktivitas dari sang frontman itu sendiri yang secara tegas mempososikan Homicide diranah berbeda dari group lainnya bahkan tak tergantikan !

HOMICIDE disscus by frankazoid
HOMICIDE disscus by frankazoid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar