Rabu, 09 Maret 2011

re-create di Galeri Kita

jan 2010 | frans ari prasetyo


re-create exhibition by frankazoid

Hal hal yang sederhana, lekat dengan keseharian , bahkan karena terlalu biasanya sehingga kadang luput dan terlupakan. Hal ini yang sedang dibawa oleh kelima seniman seperti I Wayan Sujana"SUKLU", Rizky Soetisna Putri ,Nur Fatiyah Roslan , Toufiq Panji Wisesa dan Wahdiaman kedalam wilayah senirupa bertajuk re-create. 

Pameran yang diselenggarakan di Galeri Kita ini membawa banyak hal yang ditawarkan dalam keseharian dan kesederhanaan tadi, seperti sebuah pengalaman, memorabilia, pengamatan bahan sebuah pengamatan "Gaze" akan sesuatu yang sesungguhnya berperan besar terhadap hal diatas tadi.Hal sederhana tadi sebelumnya telah mengalami penciptaan (created) dan oleh kelima seniman ini kembali diadopsi dan diolah kembali (re-create) dama karya mereka. Begitu yang dipaparkan oleh I wayan Sriyoga Parta dalam pengantarnya.

Seperti karya "Suklu" perupa dari Bali ini menampilkan instalasi dan drawing "kamasutra Kubistik Klungkungan" , "tai cacing goes to world",  "Kebahagian Keluarga ", pada karya kamasutranya ditampilkan karya drawing tubuh-tubuh menggunakan charcoal sangat bersebrangan dengan karya instalasi rumah-rumah seng-kaca yang berisi tubuh-tubuh berupa tai cacing yang saling bersentuhan, berbaur dan bersinggungan yang menimbulkan sebuah fantasi visual yang  terus tumbuh. Begitupun karya yang ditampilkan oleh Nur Fatiyah Roslan yang mencoba mentransformasikan flora&fauna menjadi sebuah harmoni dan kembali merujuk pada khayalan fantasi yang berpendar. lain lagi karya instalasi karya Wahdiawan yang mencoba mendekatkan dimensi lain dengan metafor ikan dalam aquarium memberikan sensasi fantasi personal atau bahkan dapat bersinergi dengan objek yang ada.

Proses re-kreasi itu tidak pernah berhenti pada satu dimensi, karena dimensi proses itu bersifat plural, betapa luasnya lingkup proses yang dilalui oleh kehadiran sebuah karya yang coba diusung oleh kelima seniman ini, maka hanya sebuah fantasi lah yang akan menjelaskan sendirinyaproses kekaryaan yang mereka lakukan.

(berhutang dari katalog pameran)

re-create exhibition by frankazoid
re-create exhibition by frankazoid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar