Rabu, 09 Maret 2011

MIDDELBARE AKTE

jan 2010 | frans ari prasetyo

 Middelbare Akte by frankazoid

Sebuah waktu yang coba dihadirkan oleh Gallery Soemardja dalam perkembangannya dalam atmosphere senirupa Indonesia, Bandung khususnya,  menjadikan penutupan tahun 2009 sebagai penanda "closing" dari semua rentetan aktivitasnya dan awal 2010 yang memiliki nilai "kelahiran" dari galery soemardja dengan wajah baru dan tentunya semangat baru. 

Hal ini ditandai secara prestisius menurut saya , karena dibungkus dalam pameran bertajuk "Middelbare Akte" yang menampilkan karya koleksi Galeri Soemardja dari tahun 50an sampai saat ini yang didukung 0leh karya-karya  dari para seniman lainnya yang mengenyam pendidikan senirupa di ITB.

Pameran yang dikuratori oleh Aminudin TH Siregar ini , mencoba mengingatkan kembali dengan pembacaan sejarah dimana pada sebuah waktu terdapat moment yang dikondisikan untuk merumuskan konsep pendidikan senirupa yang nantinya menjadi embrio terbentuknya fakultas Senirupa ITB dengan Soemardja sebagai salah satu tokoh dibaliknya. Istilah Middle Akte ini  dapat dibaca sebagai awal akan sebuah keinginan dalam pembacaan sejarah tadi. 

Pameran yang dibuka oleh Prof.Dr. Biranul Anas ini berlangsung mulai 30 Des 2009 s/d 16 jan 2010 menjadi catatan tersendiri dalam perjalanan Dies Emas ITB dan Middlebare Akte dapat menjadi suguhan apresiatif eksternal terhadap lembaga ITB dan Internal terhadap para alumnus dan karyanya.

Dan, pameran ini merupakan upaya dari Galeri Soemardja sebagai galeri Universitas tertua untuk mengambil peran yang tidak saja sebagai ruang pamer, tetapi juga menempatkan posisinya kedepan : sebagai museum pertama yang merefleksikan sejarah pendidikan senirupa di Indonesia, begitu kutipan yang menjadi kuratorial Aminudin Th Siregar dalam katalognya.

 Middelbare Akte by frankazoid
 Middelbare Akte by frankazoid
 Middelbare Akte by frankazoid




Tidak ada komentar:

Posting Komentar