Senin, 14 Maret 2011

HE SPECTACULAR OF LOCHA LIBRE (Mexican Wrestlers)

jan 2011 | frans ari prasetyo

Pembukaan pameran  Mexican Wrestlers by frankazoid
THE SPECTACULAR OF LOCHA LIBRE (Mexican Wrestlers), sebuah title yang tidak biasa diusung oleh salah seorang seniman photography contemporary yang berasal dari negeri Sombrero-Meksiko yang mengangkat issue tentang para pegulat profesional di Meksiko yang kita kenal di Indonesia dengan istilah Smack-Down. Wajar saja bila kita di indonesia mengenal olahraga komersial ini, karena dalam beberapa tahun terakhir begitu gencarnya salah satu stasiun televisi komersial menayangkan acara Smack-down ini langsung dari Amerika.

Acara yang akhirnya dihentikan penayangannya karena pertimbangan psykology anak-anak karena terdapat unsur kekerasan yang terjadi didalammnya walaupun dibungkus dalam acara olahraga. Desakan dari berbagar elemen masyarakat dan para orang tua akan kehawatiran terjadi tingkah berlebihan dan pola-pola pikir terhadap anak-anak tentang issue-issue kekerasan agar program acara ini dihentikan penanyangannya. Apa yang ditakutkan memang terjadi dan berdampak negatif pada anak-anak. Dalam kasus yang terjadi terlihat bagaimana anak-anak sangat mengidolakan tokoh-tokoh Smack-down ini dan meniru semua gerakan yang merelakukan di televisi dama kehidupan nyata, akibatnya ada salah satu kejadian dimana ada anak yang mengalami cacat fisik setelah di"smack-down" oleh teman bermainnya sendiri bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

Terlepas dari itu, apa yang ditampilkan oleh Lourdes Grobet dalam karya-karya fotografinya mencoba mengangkat sisi humanisnya seorang wrestler di Meksiko. Sisi yang dikemas secara dokumentatif hasil dari penelusurannya sejak tahun 1975, memaparkn bahwa "wrestler" juga seorang manusia dengan perasaan , mempunyai kehidupan normal dan keluarga sangat kontras dengan keganasan dan keangkuhannya bila diatas ring pertunjukan. 

Foto-foto yang ditampilkan layaknya seperti diary personal yang divisualisasikan dalam bentuk fotography.dari visual yang ditampilkan betapa Lourdes Grobet begitu intim dengan dunia wrestler ini, tidak hanya dengan para -wrestler tapi dengan keluarga merekanya juga. Hal ini tidak serta merta didapat secara mudah oleh Lourdes Grobet untuk berada didunia yang identik dengan kekerasan dan kekuatan laki-laki, denganh tidak mengecilkan perannya sebagai seorang perempuan , tapi keberanian dan konsistensi yang membuatnya tetap bertahan dan konsisten mendokumentasikan sebuah seni olahraga dalam kebudayaan masyarakat populer. Sebuah pilihan berkarya yang sangat pantas diapresiasi dan ditiru oleh bangsa indonesia, mengingat sangat minimnya pengdokumentasian dan pengarsipan budaya bangsa ini yang terekam jejaknya, walaupun pengalami penurunan pelakuknya tetapi minimal ada dokumentasinya dan ada orang yang rela meluangkan waktu dan energinya untuk merekam jejak-jejak tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar