Senin, 14 Maret 2011

GLOBAL BORING

July 2010 | frans ari prasetyo


Pameran Global Boring di padi Art Ground (by frankazoid)
Pameran Global Boring di padi Art Ground (by frankazoid)

Padi Art Ground kembali menjadi sasaran orang-orang yang ingin menumpahkan segala bentuk pemikiran, konsep, emosi sampai curhat pribadi secara visual melalui sebuah pameran publik. Apa yang ditawarkan kali ini seperti sebuah 'perlawanan' terhadap benang merah karya visual selama ini yang biasanya tersaji di gallery dewasa ini.

Global Boring merupakan tajuk yang diusung oleh 7 orang seniman muda berusia antara 20-25 thn dengan intinnya " When something become global for us its BORING". Dengan pernyataan seperti itu seolah-olah terdapat kejenuhan secara personal tentang apa yang dia rasakan dan dia lihat selama ini.

Kejenuhan yang bersifat global tapi merambat kewilayah personal seseorang. Didukung oleh perkembangan teknology yang memiliki akses tanpa batas seolah sudah tidak ada ruang privat. Hal ini dapat terungkap dari beberapa karya yang disajikan, seperti karya menempelkan halaman-halaman majalah fashion dari luar negeri. Ini seperti cermin yang terjadi dikalangan anak muda (youth culture) mengenai tuntutan penampilan secara fashionable sebagai salah satu media sosialita mereka dan hal ini yang membuat BORING dikalangan teman-teman yang berpameran kali ini.

Tidak bisa dipungkiri kepentingan Global/pasar sudah mulai masuk ke wilayah privat yang secara tidak langsung kita digiring untuk mengikutinya dan mungkin tidak semua orang dapat atau ingin mengikutinya secara terus menerus, buktinya terdapat rasa jenuh dari sebagian orang, contohnya para seniman ini dengan visual kritisnya merespon hal tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar