Sabtu, 12 Maret 2011

DEBT (Movie Screening)

feb 2010 | frans ari prasetyo

DEBT movie sreening (by frankazoid)


Baca-baca Bookmart yang sekarang menempati tempat baru di Studio2 Jeihan , Padasuka Bandung kembali mendapatkan  kehormatan untuk men-screeing film. Dengan fasilitas yang memungkinkan maka teman-teman dari Jogya yang tergabung dalam LOOK Out picture Indonesia dengan fasilitator diBandung teman-teman dari Sunday Screen berafiliasi dengan bacabaca merespon untuk melakukan screening film garapan mereka yang berjudul DEBT. Ini semacam silaturahmi komunitas pecinta film diBandung-Yogyakarta.

Roadshow film ini menyambangi beberapa kota dan komunitas, seperti di Purwokerto, Malang, Surabaya, Malang dan Cirebon .  Bandung menjadi destinasi terakhir dalam raodshownya film Debt ini. Film yang disutradarai oleh Khusnul Khitam dengan disponsori  oleh salah satu perusahaan pembiayaan ritail berpusat di Jogyakarta , menceritakan tentang seorang bernama Sugeng yang bekerja sebagai  Depkolektor sebuah perusahaan pembiayaan retail. 

Klop !, Film ini semacam "Hidden Marketing" dari perusahaan retail pembiayaan dari Jogyakarya tadi yang notabene sebagai sponsor tunggal dari produksi film DEBT ini. Tak jadi masalah, tetapi  salah satu nilai yang didapat dari film ini yaitu, tentang "Berbagi" antar sesama manusia dengan dan tanpa tendensius apapun, naluri dan alamiah saja sebagai mahluk sosial. Hal ini yang ingin ditekankan dalam film ini ,  bahwa manusia dalam hidupnya pasti memiliki masalah yang berbeda-beda tergantung bagaimana kedewasaan dan kearifannya  dalam me-maintenance masalah tersebut.

Screening film DEBT ini diawali dengan film pembuka karya Ismal N dari SundayScreen Bandung bertajuk "NeverMind". Apabila dikaitkan sebenarnya kedua film ini memiliki visi yang sama tentang "berbagi" hanya dalam koridor penyampaiannya saja berbeda, tapi hakikatnya mengenai hubungan sosial antar manusia. Semoga film ini menjadi cambuk sekaligus pelecut etos berbagi dalam konteks apapun yang dewasa ini sudah sangat minim terjadi apalagi dikota-kota besar seperti Bandung dan Jogyakarta.


Persentasi Marketing (by frankazoid)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar