Minggu, 13 Maret 2011

Celia Rabelo Trio Brazilian Lost in Soemardja

Mei 2010 | frans ari prasetyo

Celia Rabelo Trio (by frankazoid)

Celia Rabelo Trio (by frankazoid)

Bandung World jazz kembali bergulir,  kali ini tidak event sesungguhnya tetapi berupa pre-event yang akan berlangsung sekitar bulan Desember 2010. Gallery Soemardja ITB menjadi tempat yang unik karena Galery Soemardja yang notabene merupakan gallery senirupa kini dipergunakan untuk sebuah musik performance . Pre event ini menampilkan 3 tallent yang salah satunya yaitu Celia Rabelo Trio dari Brazil, maka dari itu dengan mudah saya menyebutnya The Braziloan lost in Soemardja bersama tallent lainnya seperti Karinding Collaboration Project dan Rampak Kendang Jendela Ide, selain itu diselenggarakan pula workshop vocal, percussion dan accoustic guitar.

"Lost" disini dapat dikatakan "tersesat" dapat berujung beragam makna, tapi dengan tanpa mengurangi nilai dari event ini, terdapat wilayah lain yang lebih penting untuk diapresiasi karena disini terdapat interkoneksi dua arah antara audiens dan para tallent yang ditujukan untuk mendapatkan jawaban atas ketersesatan ini.

Apa yang ditawarkan oleh Trio brazil ini dan Jendela Ide sebagai fasilitatornya dalam membangun atmosfer Bandung World jazz 2010 bukan hanya sekedar sebuah pre event dengan performance dan workshop dari para tallent-nya tetapi lebih kearah transformasi kultural, shering cultural dan lainnya secara mutual dengan musik sebagai bahasa universalnya.

Project ini dibangun bersama atas dasar saling pengertian antara musisi, seniman, komponis untuk membangun sebuah hubungan yang melampai batas dimensi geologis, demografi, genre untuk mendapatkan sebuah komposisi baru. Dengan ini diharapkan lahirnya sebuah keunikan dari karya tersebut. Intinya kolaborasi yang dibangun dari yang awalnya "tersesat" karena banyaknya perbedaan dan dididing batas yang ingin dilampaui dengan pre event ini akan membangun kesepahaman ritme dan harmoni dalam sebuah dialog baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar