Minggu, 13 Maret 2011

Around with Roman Osi

Mei 2010 | frans ari prasetyo
Pameran Roman Osi di CCF bandung (by frankazoid)

Roman Osi, seorang fotographer yang sedang berpetualang dalam proses penciptaan karya fotografinya menyuguhkan petualangan yang memiliki makna ganda, dimana satu sisi dia berpetualang dalam menampilkan hasil karyanya dalam wujud pameran tapi disisi lainnya pun dia menjelajahi kota atau tempat dimana dia berpameran untuk melakukan proses penciptaan karya fotografinya lang lain. Maka tidak salah bila ada yang menyebutnya fotographer petualang.

Dalam petualangannya kali ini kota Bandung menjadi arena petualangan yang coba dieksplorasi dalam bidikan kameranya. CCF menjadi tempat petualangan pamerannya. Urban Dreams menjadi tag-line dalam suguhan pameran nya kali ini. Issue yang tepat dengan pemilihan kota Bandung yang notabene merupakan kota Urban. Pameran yang menyuguhkan foto-foto hasil petualangannya mengelilingi eropa selama 2 tahun tersaji apik dengan bungkus "urban Dreams".

Roman Osi mencoba membuka cakrawala dimana halusinasi fantastik atau khayal coba diungkap dengan melihat beragam tempat yang dia kunjungi dalam petualangannya yang tak terduga untuk mencari kebenaran akan sebuah Urban Dreams yang mungkin diimpikannya atau diimpikan oleh masyarakat urban pada umumnya.

Dalam karyanya, Roman Osi mencoba membawa manusia urban untuk menjelajah beragam ruang-ruang yang memungkinkan untuk melakukan beragam aktivitas dan mengisi ruang kehidupannya tersebut. Disini terjadi interaksi luar biasa antara ruang-ruang nyata dengan ruang-ruang khayal dalam pikiran manusia yang kemudian berubah menjadi sebuah harapan-mimpi akan sebuah identitas yang akan dibangunnya didalam ruang-ruang tersebut, dengan proses inilah manusia akan tahu tentang dirinya dan hal ini kan menjadi pengualangan yang terus menerus seiring petualangan baru yang akan dijumpai manusia dalam roda kehidupannya dalam ruang kota urban dimana dia hidup dan berkarya.

Roman Osi (by frankazoid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar