Minggu, 13 Maret 2011

Overdose : Punk China Invation in Bandung

March 2010 | frans ari prasetyo

Poster

Chinese invation ! Bukan hanya di ranah industri, Invasi china ke Indonesia yang ditandai oleh CAFTA di awal 2010 merambah juga ke berbagai sektor kebudayaan. Seakan ingin berbagi dengan teman-temannya, OVERDOSE salah satu band punk dari negeri panda datang ke Bandung sebagai bagian dari tour mereka di Indonesia.

Ini kali ke-2 Bandung kedatangan teman-teman dari China, sebelumnya Fan Zui Xiang Fa melaksanakan tournya di Bandung akhir 2009, mereka adalah teman teman dari Amerika dan Eropa yang mencoba menetap di China kemudian membuat project dengan teman-teman dari China itu sendiri. Berbeda kali ini Overdose adalah teman-teman yang memang berasal dari China dengan frontman-nya seorang wanita.

Balkot Terror Project sebagai fasilitator rangkaian tour Overdose di Bandung, menyiapkan show mereka dalam format studio gigs mengingat keterbatasan energi dan sulitnya mendapatkan akses tempat membuat studio gigs adalah pilihan terakhir dan realistis. Tapi mereka tetap antusias dan publik Bandung yang hadir pun memberikan respon baik terhadap kelancaran show ini. 

Memang menyakitkan tatkala Bandung secara gencar mempromosikan salah satu sisi kebudayaan anak mudanya dalam tajuk Bandung Creative City, tapi untuk sekedar menyelenggaran sebuah event kecil tanpa sponsor dan tendensius apa pun diperlukan banyak prosedur yang membuat itu jadi semakain rumit. 

Apalagi ini yang datang merupakan teman-teman mancanegara yang akan membawa image Bandung untuk di Sounding-kan di negara asalnya agar teman-teman lainnya mengunjungi Bandung. Bukankah itu tujuan dari promosi kota ini? Hanya saja cara kita yang berbeda. Semoga dengan keterbatasan kota ini tidak menjadikan semangat teman-teman mengendur bahakan harus tetap digulirkan terhadap generasi selanjutnya, karena hanya itu yang bisa kami sumbangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar