Senin, 14 Maret 2011

Komunitas Taman Kota di Ujung Berung (Gn.Manglayang)

23 July 2010

Komunitas Taman Bacaan masyarakat di Ujung Berung (frans)

Pada kesempatan kali ini, bukan Baca-baca yang didatangi oleh anak-anak disekitar daerah padasuka untuk beraktivitas di sekolah taman, tetapi baca-baca mendatangi anak-anak ditempat yang berbeda lainnya yang  berupa sebuah perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat Yasasan Nur Alif di Bukit Indah Pesanggrahan Perumahan BIP RW-13 Ujung Berung Gunung Manglayang Bandung Timur.

Kunjungan kali ini merupakan proses memperluas network antar sesasa komunitas yang berbasis perpustakaan, edukasi dan anak-anak. Kedatangan teman-teman dari Baca-baca selain memperkenalkan beragam program yang akan dilaksanakan disana secara bersama-sama dan kontinue dalam waktu dekat ini ditambah pula meyerahan beberapa buku bacaan untuk perpustakaan dan buku tulis yang dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar-mengajar sehari-harinya, berhubung tempat yang dituju juga merupakan sekolah playgroup berbasis agama Islam karena letaknya didalam lingkungan bangungan sebuah mesjid.

Buku bacaan dan buklu tulis yang diserahkan kepada Taman Bacaan Masyarakat Nur Alif, merupakan sebagian dari hibah yang diteriman oleh Baca-Baca dari program yang diselenggarakan Kompas-Gramedia sekitar 3 minggu lalu. Tujuan dari Baca-baca kesana selain menjalin silaturahmi dengan komunitas sejenis juga akan diupayakan untuk melakukan kegiatan bersama dikemudian hari secara rutin dan hal ini sudah terjadi kesepakatan dengan dimulainya kegiatan bersama yang jadwalnya ditentukan oleh pihak Nur Alif. 

Program yang seyogyanya akan berjalan efektif mulai bulan depan (july 2010) menjadi acuan yang nyata,mandiri, D.I.Y (do it your self) dan komprehensif sebagai kegiatan bersama berbasis komunitas dalam  membangun networknya sendiri yang dilakukan oleh kalangan masyarakat umum dengan beragam perbedaan tanpa ada tendensius apapun dan disusupi oleh kepentingan apapun. Tujuannya sama menjadi masyarakat yang madani, minimal dilingkungan terdekat yang kita kenal dan kita berada didalamnya.

Ini merupakan program 'REAL' yang berjalan tanpa ada faktor 'kepentingan' tertentu yang selama ini banyak diusung oleh beragam komunitas/kelompok. Yang dilakukan disini bersifat mutual satu sama lainnya, tidak ada penghisapan yang berlangsung didalamnya. Semoga hal ini tetap berlangsung dan menular seperti virus 'kreatif' yang melanda kota ini.


Komunitas Taman Bacaan Masyarakat di UjungBerung (frans)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar