Rabu, 09 Maret 2011

Braga Festival 2009

 des 2009 | frans ari prasetyo

Salah satu performance dalam Braga fest 2009 (by frankazoid)

Braga Festival kembali diusung sebagai salah satu garda depan agenda di akhir tahun pemerintah provinsi JawaBarat yang didukung penuh oleh pemda kota Bandung. Ini merupakan event ke-4 dengan menjual 'eksotisme' kota Bandung yang dikenal sebagai Parisj van java dengan Jalan Braga sebagai ikon utamanya.

Beragam agenda yang disajikan dalam Braga festival kali ini sepanjang jalan Braga terdapat 2 panggung jalanan dan dua gedung yang dipergunakan, pertama gedung YPK sebagai tempat menyuguhkan aneka workshop,screening film dan fotografi  sedangkan gedung AAcc kembali dipergunakan untuk pertunjukan musik setelah hampir 2 tahun mati suri akibat insiden  "underground" yang melibatkan 11 orang korban. Di gedung AAcc menampilkan salah satunya performance Seratus Persen dan Blues Community.

Dengan tidak bermaksud membandingkan dengan penyelenggaraan sebelumnya, hal ini cukup menarik untuk dikomentari. Bagaimana tidak sepanjang jalan bila dibandingkan pertunjukan seni/performance layaknya sebuah festival, di Braga kali ini lebih pantas disebut sebagai "Kuliner festival" layaknya pasar malam.

Ini menjadi menarik, karena bila diurutkan dari penyelenggaraan Braga festival pertama kali tahun 2006 sampai tahun 2009 ini, terjadi penurunan "kualitas" secara signifikant. Bila ingin tetap menjadikan Braga festival sebagai medium pariwisata Jawa Barat sebagai ajang unjuk gigi tentang JawaBarat, Bandung khususnya harus segera dievaluasi konsep acaranya kembali, bila tidak publik yang dengan semangat memberikan apresiasi terutama terhadap seni budaya secara perlahan akan meninggalkan ajang ini.  Indikatornya sangat jelas dan bisa dirasakan langsung oleh publik, yang menafsirkan terjadinya penurunan "kualitas" tadi.

Semoga penyelenggaraan selanjutnya, memberikan efek "BOOMING" dan kembali memperoleh porsinya sebagaimana layaknya sebuah FESTIVAL.

Braga fest 2009 (by frankazoid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar