Senin, 14 Maret 2011

Balkot Terror Project : Circuits,Daighila and more fighting in Bandung

feb 2011 | frans ari prasetyo

Bougenvillle space by frankazoid
Circuit - Australia (by frankazoid)
Circuit - Australia (by frankazoid)

Balkot Terror Project dan Cimahi familia menjadi promotor dalam gelar pertarungan antara wakil dari Australia , Malaysia dan Indonesia sendiri. Australia yang diwakili oleh Circuits yang berdomisili di Sydney dan Malaysia yang mengirimkan Daighila sebagai utusannya dari Negeri Sembilan.  Pihak Indonesia sendiri yang diwakili oleh komunitas balai kota di bandung mengirimkan antara lain  Fukk Bar culture, Siluman Gulali, sedangkan dari pihak Cimahi antara lain diwakili oleh Bougenville serta ada juga dari jakarta yang diwakili oleh GunXrose. Ada sekitar 13 band yang melakukan pertarungan bersama dalam event "POGO" yang digagas oleh promotor diatas.

"Pertarungan" yang disuguhkan penuh dengan passion, emosional, dan attitude yang menjaga kualitas etika pertemanan dalam sebuah komunitas underground. Pertarungan yang dikemas dengan senang, ceria menghadirkan sebuah pertunjukan musik khas underground dengan tanpa kerusuhan dan citra negatif yang selama ini diemban oleh komunitas underground ini. Citra negatif ini yang ingin diruntuhkan oleh Balkot Terror Project yang bekerja sama dengan Cimahi Familia sehingga terlaksananya acara ini.

Pertarungan yang diberi tajuk "Pogo" bukan tanpa alasan, karena terdiri dari beragam latar belakang yang berbeda  baik ekonomi, sosial, budaya dan kewarganegaraan tidak menyulutkan antusiasme mereka untuk ber"pogo" bersama. Pogo sendiri merupakan sebuah istilah untuk menikmati musik underground dengan cara berdansa atau menari menggerakan anggota badan untuk mengikuti irama musik yang sedang dimainkan oleh performers.

Bertempat disebuah area studio latihan band bernama Bougenville yang terletak dikawan Lembang parongpong Bandung Utara yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Bandung tidak menyurutkan antusiasme publik yang menyenangi aktivitas underground untuk hadir dan ber"pogo" bersama. Ini juga sebagai perwujudan yang aktif dan progresif dari Balkot Terror Project untuk tetap beraktivitas walaupun issue tentang kebutuhan ruang publik bagi komunitas ini sampai sekarang belum ada sejak didengungkan pemerintah ketika merespon kejadian Tragedi AACC , 3 tahun lalu. hal ini bukan hambatan , sebelumnya pun balkot Terror project beraktivitas secara mandiri dan berkolaborasi dengan komunitas atau kolektif lain untuk mencari solusi tempay tadi, contohnya dengan Cimahi familia dalam acara ini.

Seharusnya komunitas-kominitas lain juga tetap bergerak secara otonom dan kreatif untuk mengakali kekurangan yang ada bukannya malah berhenti beraktivitas karena kendala-kendala tersebut yang ternyata bisa disiasati dengan cermat.

Bougenvillle space by frankazoid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar